<script src="http://adsensecamp.com/show/?id=wVZ07ynYow8%3D&cid=1mKE6FR8OXo%3D&chan=MO%2ByCj4wBGE%3D&type=11&title=3D81EE&text=000000&background=FFFFFF&border=000000&url=2BA94F" type="text/javascript"> </script>

Kenapa sih flashdisk harus dieject sebelum dicabut?


Mungkin pertanyaan diatas sering sekali terngiang ditelinga para knowers sekalian. Sebenernya ngaruh gak sih kalo kita cabut flashdisk tanpa dieject? apa itu cuma mitos aja kalo bisa bikin laptop mengalami kerusakan?Kita akan bahas masalah ini dengan jelas pada article kali ini.

Saya yakin, sebagian besar orang yang pernah pakai flashdisk pernah mengeject benda tersebut setelah dipasangkan pada PC dan ingin mencabutnya. Dan kebanyakan juga cuma ikut-ikut temen meng-eject tanpa tau kenapa harus dieject.Itu juga salah satu pengalaman admin selama punya flashdisk.

Eject flashdisk sebelum di dicabut itu pada dasarnya bisa boleh bisa juga tidak, dan penting tidaknya tergantung dari mode yang kita gunakan. pada saat kita menggunakan mode Better Performance(Optomized Performance pada windows xp dan vista) kita mesti mengeject flashdisk sebelum dicabut. Kenapa begitu? 


Pada saat mengcopy data ataupun file, sebenarnya data yang tersimpan pada flashdisk tidak langsung tersimpan pada flashdisk, tetapi tersimpan dulu cache memory. Sehingga apabila kita sedang atau sudah selesai mengcopy data atau file ke flashdisk disarankan untuk mengeject flashdisk agar data yang dicopy paste tersebut tidak corrupt.

Selain itu ada,juga mode Quick Removal(Optimized for Quick Removal) . Pada mode ini kita tidak diharuskan melakukan eject setelah melakukan copas data ataupun file ke flashdisk. Karena data yang disimpan ke flashdisk pada mode ini akan langsung tersimpan ke flashdisk tanpa harus tersimpan dahulu ke cache memory. Namun, kita tidak boleh sembarangan mencabut flashdisk. Kita baru bisa mencabut flashdisk setelah data yang dicopaskan ke flashdisk sudah benar-benar selesai. Tapi pada mode ini memiliki sedikit kekurangan, yaitu proses transfer datanya agak lama dibandingkan dengan mode Better Performance.


Jadi sudah taukan kenapa flashdisk itu harus di eject atau tidak? semuanya tergantung dari mode yang kita gunakan. dan setiap mode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Previous
Next Post »

Terimakasih bagi yang mau berkomentar pada halaman yang saya tulis. Berkomentarlah dengan sewajaranya dan menggunakan bahasa yang sopan ConversionConversion EmoticonEmoticon